Minggu, 18 Oktober 2015

Xperience The Grand New Avanza Veloz



Berjalan memutari unit baru Grand New Veloz ternyata kentara keliatan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Mobil dengan exterior dan interior stylish dan trendy lifestyle, grile depan berubah drastis kini mirip New Vios, dan banyak aplikasi chrome, yang kini keliatan lebih cantik dari pada unit sebelum facelift, detailing chrome terlihat lebih berkualitas.

Apalagi kini headlamp Grand New Veloz sudah mengaplikasi sistem proyektor, pasti akan lebih terang saat menerangi jalanan di malam hari. 

Berjalan ke belakang ada aplikasi reflector baru di pintu bagasi dan bemper belakang, yang membuat Grand New Avanza Veloz makin cantik dan kliatan terang memantulkan cahaya dimalam hari, tanpa harus merogoh kocek lagi untuk pasang assesoris tambahan. Dan yang cukup lucu juga adalah adanya Vortec Generator atau sirip kecil di cover lampu rem, biar lebih aerodimanis kali ya, ngurangin koefisien drag, biar lebih irit bensinya. Setelah berputar putar di luar kliatanya sudah cukup banyak berubah, kucoba buka handle pintu depan, kulihat disana ada aplikasi karet baru yang lebih baik maka kucoba tutup lagi pintunya ternyata benar, bantingan pintunya sudah lebih mantap dan terasa "JLEB" lebih enak, setelah sekian lama buka tutup pintu Avanza dari generasi awal hingga kini baru kali ini deh rasanya saya tersenyum, karena akhirnya toyota memperbaiki peredaman pintunya sehingga terasa lebih mantap saat ditutup, dan membuat kabin terasa lebih hening. Kelihatan juga material dorr trim kini lebih cantik dan makin baik kualitas materialnya, sehingga moga moga bisa lebih awet pintunya tidak seperti generasi yang lama yang mudah lecet, karena warnanya udah keren banget, bro.



Duduk di jok Grand New Avanza Veloz terasa lebih mantap, kliatanya Toyota menambah ketebalan material busa pelapisnya, side support jok nya juga lebih mantap jadi gak goyang kanan kiri saat melewati jalanan menikung, cuma saya agak bingung dengan pilihan Toyota merubah desain jok tengah menjadi 50:50 split , kalau untuk jok belakang sih saya paham, tujuanya satu yaitu memudahkan akses bagasi, namun untuk jok tengah mungkin bukan hanya memudahkan akses ke baris ketiga namun secara tidak sadar ada tujuan lain yaitu agar baris tengah hanya dipakai 2 orang saja namun masih ragu dengan tuntutan pasar, sehingga masih menambahkan seatbelt untuk posisi tengah di atas plafon. karena dengan konfigurasi saat ini, maka untuk jok baris kedua, pengaturanya cukup repot untuk membuat rata agar bisa di duduki tiga orang. Mungkin di masa depan Toyota secara perlahan merubah image Avanza bukan lagi 7seater namun 6seater, yang pasti membuat mobil lebih nyaman karena jok nya jadi gede-gede.

Membuka kap mesin ternyata ada lagi tulisan Dual VVT-i yang pastinya bisa bikin mesin lebih hemat BBM dan bikin lebih bertenaga karena sistem ini bekerja bersamaan di bagian camshaft intake dan exhaust, sehingga bukaan camshaft nya bisa variable mengikuti kebutuan mesin, dan disana balik kap mesin ternyata juga ada ABS controle module, jadi ternyata emang bener mobil Grand New Avanza Veloz ini sudah pake ABS, wah jadi makin aman nih mobil buat siapa aja, karena saat panic braking mobil jadi masih bisa di kendalikan untuk menghindari tabrakan, jadi makin cocok kan julukan Avanza untuk jadi mobil sejuta umat, Mobil keluarga Indonesia pokoknya big thanks to Toyota indonesia karena makin peduli dengan keselamatan konsumenya, dan menjadi MPV terbaik Indonesia.




Avanza Veloz Blog Competition 2015